Abstrak
Bab ini membahas peran ICT untuk kegiatan intelijen kompetitif. Untuk tujuan ini, dimulai dengan pengenalan intelijen kompetitif Selanjutnya, membahas kegiatan intelijen mungkin. Dalam diskusi ini perhatian dibayar untuk penggunaan ofthe Internet, untuk general purpose alat TIK, untuk alat ICT disesuaikan dengan satu atau lebih of the tahap kecerdasan, dan alat-alat intelijen bisnis (data gudang alat untuk mengambil dan menyajikan data di dalamnya). Akhirnya, bab ini menjelaskan bagaimana organisasi dapat memilih aplikasi TIK untuk mendukung kegiatan intelijen mereka.
Sebuah aspek yang sangat sulit adalah menentukan relevansi kelas data tertentu sebelum data aktual tentang mereka dikumpulkan dan sebelum mereka dapat ditafsirkan, yaitu, sebelum intelijen dapat diproduksi. Untuk mencapai hal ini, beberapa jenis model tentang "organisasi dalam lingkungannya" diperlukan. Tantangan dalam tahap arah adalah untuk membangun dan mempertahankan model seperti itu dan menggunakannya untuk menentukan data strategis yang relevan (kelas) tentang lingkungan. Dalam literatur, orang sering mengacu pada metode faktor keberhasilan kritis (atau satu ofits varian, lihat misalnya Sammon, 1986: Kahaner 1997, Herring, 1999, atau Cook & Cook, 2000) untuk membangun model seperti itu dan untuk mendapatkan lingkungan kebutuhan informasi dari itu pada tahap kedua dari siklus intelijen, data yang dibutuhkan dikumpulkan. Untuk tujuan ini, dua kegiatan utama yang diperlukan: (1) menentukan apa sumber yang tersedia dan (2) mengakses sumber-sumber ini dan mengambil data dari mereka. Banyak penulis membedakan antara beberapa jenis sumber. Misalnya:
[if !supportLineBreakNewLine]
[endif]
[if !supportLists]· [endif] terbuka terhadap sumber tertutup (terbuka sumber dapat diakses oleh semua orang, sumber tidak ditutup)
[if !supportLists]· [endif] internal versus eksternal perbedaan ini mengacu pada lokasi di mana sumber dengan data tentang lingkungan dapat ditemukan di dalam organisasi (misalnya, penjualan-perwakilan) atau luar organisasi)
[if !supportLists]· [endif]primer terhadap sumber-sumber sekunder sumber primer adalah sumber yang memegang data aslinya bentuk mereka, berubah langsung dari sumber dari mana data asli batang. sumber sekunder menawarkan data diubah Kahaner, 1997)]
[if !supportLists]· [endif]sumber yang berbeda dalam canier Data i-e kertas, elektronik dan sumber daya manusia.
Untuk mengumpulkan data yang mungkin berisi informasi yang relevan strategis, banyak sumber dapat diidentifikasi. Beberapa penulis meringkas daftar sumber. Di antaranya adalah: Internet, database online, pameran dagang, konsultan, pelanggan, universitas, kedutaan, pemasok, jurnal, serikat buruh, dll (lihat misalnya Cook & Cook, 2000; Vriens & Philips, 1999: atau Kahaner 1997 untuk gambaran yang lebih komprehensif). Sebagian besar organisasi cenderung menggunakan lebih dari satu sumber. Dalam penelitian terbaru, Lammers dan Siegmund (2001) meminta organisasi di Belanda apa sumber data yang mereka dipekerjakan di pengumpulan intelijen mereka. Gambar 4 menyajikan hasil. Seperti dapat dilihat pada gambar, perdagangan internet dan database online yang ditemukan menjadi tiga sumber yang paling sering digunakan.
Gambar 4, Sumber Digunakan oleh Organisasi besar di Belanda untuk Koleksi Aktivitas bijih berkisar dari 0 (tidak pernah) sampai 5 (selalu), Beberapa jawaban yang mungkin).
Gilad dan Gilad (1988) menekankan pentingnya sebuah "jaringan pengumpulan intelijen jaringan orang-orang yang terlibat dalam kegiatan pengumpulan. Anggota jaringan ini dapat tersebar di seluruh organisasi dan memiliki jenis fungsi (misalnya, layanan, R & D, pembelian, atau pemasaran dan penjualan) gagasan di balik jaringan tersebut adalah bahwa individu dapat mengumpulkan informasi tentang bagian dari lingkungan mereka terkait erat dengan. untuk memberikan kesan sifat jaringan tersebut, Tabel 1 merangkum temuan Lammers dan Siegmund mengenai komposisi mereka dalam organisasi besar di Belanda Seperti dapat dilihat, penelitian mengungkapkan keterlibatan tinggi dari pemasaran dan penjualan, R & D dan manajemen dalam jaringan koleksi.
Untuk mengumpulkan data tertentu, pengetahuan tentang sumber-sumber yang tersedia harus b dikumpulkan dan digunakan. ini memerlukan mengetahui ( 1) apa sumber mungkin berisi data yang diminta, (2) apakah sumber tersebut dapat didekati dan diakses secara memadai (diukur, misalnya, dengan cara kriteria umum seperti biaya ketepatan waktu, relevansi, akurasi, apakah data yang up-to-date , aksesibilitas, (Gilad & Gilad, 1988), dan (3) yang akan terlibat dalam pengumpulan data tentang sumber dan dalam kegiatan pengumpulan sebenarnya. Mengelola tage koleksi CI berarti memastikan bahwa pengetahuan ini dihasilkan, disimpan dan diterapkan
KESIMPULAN
Untuk memilih dan menggunakan alat ICT yang tepat untuk mendukung proses CI, organisasi harus tahu (1) apa proses CI adalah, (2) apa peran ICT (tools) proses ini dapat, dan (3) menilai peran ICT (alat) untuk proses CI mereka sendiri. Dalam bab ini, kita membahas tiga aspek tersebut. Kami mendefinisikan CI baik produk dan sebagai suatu proses. Kami kemudian membahas peran alat ICT dalam proses. Di sini, kita disajikan empat jenis alat TIK yang relevan untuk mendukung (dan kadang-kadang bahkan mengganti) kegiatan CI: Internet, aplikasi umum untuk digunakan dalam kegiatan CI, aplikasi CI spesifik dan aplikasi bisnis intelijen. Pada bagian terakhir dari bab ini kita membahas tiga kelas kriteria organisasi dapat digunakan dalam mengevaluasi dan memilih alat ICT untuk proses CI mereka.
Meskipun definisi CI dan kriteria untuk memilih perangkat TIK untuk CI tampaknya telah stabil, kemungkinan ofusing ICT untuk peningkatan CI cepat. Beberapa tren yang mungkin diakui adalah:
[if !supportLists]· [endif]Sebuah konvergensi aplikasi BI dan CI (misalnya, gudang data dan perangkat lunak terkait juga terikat dengan data eksternal dan kualitatif) (cf., Li, 1999).
[if !supportLists]· [endif]Menggunakan ICT untuk data kualitatif dapat meningkatkan (misalnya, Chen et al., 2002).
[if !supportLists]· [endif]Menggunakan Internet untuk lebih dari sekedar kegiatan pengumpulan (misalnya, untuk kolaborasi dan penyebaran tujuan (cf, Teo & Choo, 2001;. Cunningham, 2001)
[if !supportLists]· [endif]Peningkatan aplikasi Internet untuk koleksi (lebih efisien dan efektif aplikasi koleksi akan terus bermunculan
[if !supportLists]· [endif]Mengimplementasikan aplikasi CI dapat dilihat sebagai suatu proses dengan cara yang proses CI dan infrastruktur dapat dianalisa ulang.
[if !supportLists]· [endif]Peningkatan aplikasi analisis (lih Fuld et al., 2002) Meskipun semua kemungkinan ICT untuk CI, kami ingin mengakhiri bab ini dengan berkomentar bahwa memproduksi intelijen masih tetap karya manusia yang 30 Vriens.
Hak cipta 2004, Idea Group Inc Menyalin atau mendistribusikan di media cetak atau bentuk elektronik tanpa izin tertulis dari Idea Group Inc dilarang.
adalah satu-satunya "mesin" mampu menempatkan data dari aplikasi dalam perspektif strategis yang tepat. alat TIK, bagaimanapun, adalah sangat berharga dalam mendukung tugas ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar